Perjalanan Hidup Manusia



Perjalanan Hidup Manusia



Selamat Sore Menjelang Magrib, Masih Mengulas Tentang Bab HES (Hukum Evolusi Spiritual) Dengan Judul Perjalanan Hidup Manusia, SIMAK!
Dari Tingkatan Asfala Safilin Ke Tingkaran Insan Kamil Ini Ada Suatu Perjalanan Yang Panjang Dan Sulit Yang Tidak Semua Orang Mampu Mengerjakannta, Perjalanan Ini Disebut Suluk Dan Orangnya Disebut Salik; Sedangkan Jalannyya Sendiri Disebut toriqoh (tarekat). Dalam Al Qur’an Surah Al An’am Ayat 165 Disebut:

 وَهُوَ الَّذِي جَعَلَكُمْ خَلَائِفَ الْأَرْضِ وَرَفَعَ بَعْضَكُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَاتٍ لِيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ ۗ إِنَّ رَبَّكَ سَرِيعُ الْعِقَابِ وَإِنَّهُ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya : Dan Dialah Yang Menjadikan Kamu Penguasa Penguasa Di Bumi Dan Dia Meninggalkan Sebagian Kamu Atas Sebagian (Yang Lain) Beberapa Derajat,


Jalalain Dalam Tafsirnya Mengatakan Bahwa Yang Di Maksud Dengan Tingkatan Disini Adalah Mulai Dari Bayi Hingga Kakek-kakek Dan Nenek-nenek Hingga Akirnya Meninggal Dunia. Tetapi Ada Alamat Lain Yang Mentafsirkannya Sebagai Tingkatan Perkembangan Keruhanian Manusia Dan Generasi Ke Generasi. Ini Sesuai Dengan Makna Ar Rob Yang Berarti Pencipta, Pemelihara Ke Arah Kesempurnaan, Dan Penghancur Pada Waktunya Nanti. Ar Rob Disebut Dalam Al Qur’an Lebih Dari 500x. Jadi Manusia Akan Atau Seharusnya Mengalami Atau Mengusahakan Evolusinya Ke Arah Tingkatan Sempurna.

Para Ahli Tasawuf Telah Menguraikan Panjang Lebar Tentang Evolusi Spiritual Kehidupan Manusia Ini. Ada Yang Membaginya Menjadi 4 Tingkatan, Ada Juga Yang Membaginya Menjadi 99 Tingkatan Dan Banyak Lagi Pendapat Yang Lain. Kita Ciba Untuk Mengutip Beberapa Pendapat Ulama.

0 Response to "Perjalanan Hidup Manusia"

Post a Comment