Tujuan Hidup Manusia



Tujuan Hidup




Halo Selamat Sore Masih Mengulat Tentang Bab HES ( Hukum Evolusi Spiritual ) Dengan Judul Tujuan Hidup. Apa Sih Sebenarnya Tujuan Hidup Manusia ? SIMAK!
Dalam Hal Ini Saya Ingin Mengutip Sebuah Hadist Nabi,

“Tiada Di Utus Aku Melainkan Untuk Menyempurnakan Akhlak Manusia.”

Saya Anggap Ini Adalah Tujuan Hidup Manusia. Dengan Kata Lain Seluruh Umat Manusia Di Dunia Ini, Dari Zaman Purba Sampai Yang Akan Datang Tujuan Hidupnya Adalah Menjadi “Manusia Berakhlak Sempurna”. Inilah Insan Kamil Yang Disinggung Di Atas. Nama Tujuan Akir Hidup Manusia Ini Bermacam-Macam, Ada Yang Menyebutnya Sebagai Manusia Sempurna (Perfect Man), Bersatunya Manusia Dengan Tuhan (communication of man with God), Atau Dalam Bahasa Jawa Yang Di Sesuaikan Dengan Keadaan Setempat, Adalah Manunggaling Kawulo Lan Gusti, Pengeja Wantahan Wahdatul Wujud, Manusia Yang Berakhlak Sempurna, Seperti Contohnya Para Nabi, Adalah Yang Dapat Mempersatukan Kehendaknya Supaya Manusia Berbuat Baik Terhadap Sesamanya, Maka Dia Berkehendak Demikian Juga Allah Berkehendak Semua Manusia Mencintai Sesamanya Sebagaimana Dia Mencintai Dirinya Sendiri, Maka Dia Berkehendak Demikian Juga, Dan Seterusnya.



Dalam Ilmu Kalam, Konsep Tujuan Akir Manusia Ini Menjadi Bahan Perdebatan Yang Tidak Ada Habis Habisnya. Wahdatul Wujud, Sesatuan Wujud Alam Semesta Dengan Penciptanya , Hasil Renungan Al’Arobi Menjadi Bahan Polemik Sampai Sekarang. Konsep ini Dianggap Sama Dengan Pantheisme Dalam Filsafat, Meskipun Al’Arobi Tidak Mengenal Filsafat. Sirhindi Menentang Dan Mengganti Konsep Ini dengan Pemikirannya Sendiri Dan Keluarlah Konsep Wahdatusy Syudud. Yang Perlu Ditekankan Kesini Adalah Bahwa Wahdatul wujud Itu Bukan Dalam Arti Fisik, Tetapi Dalam Arti Spiritual. Namun Demikan Oleh Ulama Lain Tetap Tidak Dapat Diterima.                                                                                                                                                                                                               

0 Response to "Tujuan Hidup Manusia"

Post a Comment